Pilih Kos atau Kontrak? Pertimbangkan Hal Ini Agar Bisa Hemat

Pilih Kos atau Kontrak? Pertimbangkan Hal Ini Agar Bisa Hemat – Ketika seseorang merantau, maka urusan tempat tinggal telah menjadi salah satu hal yang paling penting. Merantau sudah berarti bahwa anda akan meninggalkan rumah keluarga pada kampung halaman demi meraih kehidupan yang lebih baik.

Mencari tempat tinggal ketika baru saja tiba di tempat asing bisa terbilang gampang gampang susah. Tapi berbeda jika anda sudah merantau lama, ekonomi sudah mapan, bisa langsung memutuskan untuk membeli rumah di perantauan.

Tapi sebelum anda mencapai kondisi seperti itu, tinggal di kamar kos ataupun kontrakan bisa menjadi pilihan. Kos biasanya hanya berupa kamar yang disewakan. Tapi ada pula yang lengkap dengan kamar mandi dalam. Untuk kontrakan lebih luas karena berdiri sendiri dan terdapat beberapa ruangan alias 1 rumah.

Berikut ini pertimbangan yang dapat anda tentukan

Pilih kos jika

Masih Single

Jika anda masih sendiri, sewalah kamar kos yang terbaik di tempat rantauan anda. Untuk seorang diri, cukup menyewa kamar yang tidak terlalu luas. Hidup seorang pastinya tidak memerlukan banyak perabotan. Menyewa kamar kos ini jelas lebih hemat daripada menyewa kontrakan. Apalagi jika anda bisa mencari teman untuk tinggal bersama dalam 1 kamar kos. Maka pengeluaran perorang akan lebih sedikit daripada menyewa kamar kos sendiri. Carilah kamar kos yang dekat dengan kantor. Dengan begitu, anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportas untuk pulang pergi kantor setiap harinya.

Kegiatan Padat

Jika selama perantauan kegiatan anda cukup padat seperti kerja sambil kuliah, maka kamar kos hanyalah menjadi tempat untuk tidur saja. Jadi meskipun sempit, anda sebaiknya cukup menyewa kamar kos saja dibandingkan kontrakan. Tapi jika anda sudah lulus kuliah, karier sudah menjanjikan, maka anda boleh menyewa kontrakan ataupun bisa memikirkan untuk mengajukan KPR.

Pertama kali Merantau

Ketika pertama kali merantau, maka pastinya ekonomi masih belum stabil. Untuk menyewa kamar kos, bayarnya pasti secara bulanan. Tapi untuk kontrakan, seringkali membayar tahunan. Ketika baru saja mulai bekerja di perantauan, tabungan masih belum cukup untuk membayar kontrakan. Untuk menyiasati tersebut, tinggal di kos telah menjadi jalan terbaik.

Pilih kontrak rumah jika

Sudah punya pasangan

Ketika anda sudah menemukan jodoh di perantauan dan memutuskan untuk hidup bersama, tapi belum mampu membeli rumah, maka tinggal di kontrakan menjadi pilihannya. Walaupun ada kamar kos untuk pasutri, tapi tinggal di kontrakan lebih menguntungkan karena punya ruang untuk perabotan rumah tangga. Dengan begitu, anda bisa lebih semangat mengumpulkan DP untuk KPR. Walau belum punya rumah bukan berarti tidak boleh membeli isi rumah kan? Jadi ketika sudah ada rumah tinggal memindahkan perabotannya saja.

Banyak teman bisa tinggal bersama

Walau belum punya pasangan, tapi jika punya banyak teman yang mau tinggal bersama, maka tidak ada salahnya menyewa kontrakan. Biaya sewa yang mahal ini bisa di tanggung bersama.

Punya usaha sampingan yang perlu ruangan

Mendapat pekerjaan di perantauan tidak menjamin gaji yang tinggi. Seringkali seseorang melakukan kerja sampingan untuk mencukupi kebutuhan. Ketika menjalani usaha sampingan tersebut membutuhkan ruangan ekstra, maka sewalah kontrakan. Ataupun pilihan lain adalah menyewa tempat lain untuk usaha, untuk tinggal sementara tinggal di kos.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *