Penyebab Harga Properti Tidak Pernah Turun

Penyebab Harga Properti Tidak Pernah Turun – Daripada berinvestasi saham, reksadana, sebagai investor pastinya lebih meliirik investasi properti karena lebih memiliki keunggulan. Jadi seberapa menarikkah bisnis properti ini hingga nilainya tidak pernah terjun drastis?  Karena faktanya jumlah penduduk yang selalu meningkat, sehingga properti telah menjadi salah satu hal yang menjadi incaran oleh para penduduk setiap tahunnya.

Selain itu, tidak ada properti yang sama persis, khususnya lokasi. Faktor kelangkaan dan keunikan properti ini lah  yang membuat para investor ingin berinvestasi pada bidang properti. Berikut ini beberapa faktor yang membuat harga properti tidak pernah turun, malahan semakin meningkat!

Kurang hunian

Jumlah kebutuhan perumahan di Indonesia hingga akhir tahun ini masih berkisar 12 juta unit. Ini akan semakin meningkat dengan bertambahnya jumlah penduduk. Inilah yang membuat harga rumah selalu naik di karenakan permintaan yang semakin meningkat dan tidak sejalan dengan pasokan hunian.

Sulit Mencari Rumah Menengah Bawah

Rumah untuk kalangan menengah ke bawah memiliki porsi besar di Indonesia. Biasanya rumah menengah ke bawah ini di beli oleh keluarga yang berpenghasilan di bawah Rp. 5 juta perbulan. Maka dari itu, pemerintah menyukseskan Program Sejuta Rumah yang diluncurkan sejak 2015. Dan pada tahun 2016, rumah yang selesai di bangun sudah sekitar 800.000-an unit rumah di berbagai daerah di Indonesia.

Situasi Pasar Terbuka

Potensi pasar properti di Indonesia sangatlah terbuka luas untuk para investor swasta di semua kelas. Termasuk juga untuk kelas menengah ke bawah. Tapi hal ini tidak berlaku di luar negeri yang memiliki properti kelas menengah ke bawah akan di urus langsung oleh pemerintah.

Kendali Sendiri oleh Investor

Jika anda berinvestasi di sektor pasar modal seperti saham, reksadana, kondisi ekonomi secara global pastinya akan naik turun nilainya yang berhubungan juga dengan nilai investasi anda. Hal ini tidak dapat anda kendalikan karena sifatnya mengikuti mekanisme yang ada di pasar secara real time. Inilah yang membedakannya dengan investasi properti. Dimana biasanya harga akan selalu naik setiap tahunnya dan juga bisa mendapatkan keuntungan investasi anda dari cara anda memilih lokasi dan juga renovasi yang anda lakukan untuk dapat menaikkan harga jual properti.

Tidak perlu di jual untuk mendapat keuntungan

Investasi pasar modal ataupun barang berharga pastinya mengharuskan anda untuk menjual barang tersebut ketika harga naik, jika anda ingin mendapatkan keuntungan. Tapi berbeda dengan investasi properti, yang anda dapat menyewanya kepada orang lain. Inilah keuntungan dari investasi properti. Tidak perlu dijual untuk dapat untung, anda juga dapat menyewakannya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *