Kesalahan Pemula dalam Berinvestasi

Kesalahan Pemula dalam Berinvestasi – Banyak orang yang telah menanggap bahwa investasi merupakan sarana untuk kehidupan yang lebih sukses. Memang betul jika investasi itu bisa membuat anda lebih sukses dari sebelumnya, tapi anda perlu tau cara melakukan investasi yang benar dan tepat. Ketahuilah jika investasi ini bukanlah permainan yang mengandalkan keberuntungan saja, tapi juga kejelian anda dalam melihat peluang. Masih banyak orang yang masih tidak tepat dalam memilih investasi.

baca juga :

Berbagai penyebab muncul, mulai dari tidak paham mengenai investasi, apa tujuan nya, dsb. Maka dari itu, terdapat beberapa kesalahan yang harus anda hindari ketika ingin memilih investasi

Cukup hanya dengan menabung

Investasi merupakan hal yang di anggap menguntungkan karena dengan investasi berbagai keuntungan bisa kita dapatkan. Menabung sendiri lebih menguntungkan dibandingkan dengan investasi. Karena menabung telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau biasa disebut dengan LPS. Namun ada juga beberapa kerugian yang dialami ketika menabung, seperti nilai uang kita menurun karena inflasi. Tabungan akan jauh lebih tepat jika digunakan untuk kebutuhan mendadak seperti sakit ataupun kecelakaan sehingga uang bisa di ambil secepatnya.

Tidak ada Strategi

Banyak sekali jenis investasi yang dapat kita lakukan, tapi beberapa orang hanya berpikir bahwa lebih baik mencoba satu persatu investasi agar bisa mendapatkan jenis investasi yang tepat. Tapi hal itu terlihat sama sekali tidak memiliki strategi yang matang dalam berinvestasi, sehingga inilah yang membuat kerugian besar. Ingat, investasi bukanlah sebuah permainan yang mudah atau hanya untuk coba coba saja, dalam dunia investasi, anda perlu berpikir matang dan terencana dengan baik. Pada intinya, ketika mengambil keputusan, pastikan dulu kondisi dan kemampuan anda dalam finansial agar tidak mengalami kerugian pada masa yang akan datang.

Fokus pada satu jenis investasi

Ini telah menjadi kesalahan yang paling sering terjadi oleh para investor. Hal ini seharusnya tidak di lakukan karena bisa membahayakan kondisi keuangan anda pada masa depan. Pada dasarnya, kita tidak akan pernah tau bagaimana kondisi keuangan kita pada masa yang akan datang. Maka dari itu, berbagilah dana anda pada investasi lainnya. Ketika ada penurunan saham yang anda miliki, kondisi keuangan anda akan tetap stabil dan tidak jatuh parah.

Menggunakan insting

Ini merupakan cara konyol yang bisa menjatuhkan diri sendiri. Sebelum anda melakukan investasi, pikirkanlah tujuan dari investasi tersebut. Pikirkan keuntungan dan kerugian dalam jangka panjang. Tentukan jenis investasi yang anda pilih dan juga pastikan bahwa anda mampu untuk menjalankan investasi tersebut.

Menganggap asuransi jadi investasi

Beberapa orang masih belum paham mengenai asuransi investasi. Asuransi memang menawarkan perlindungan dan juga sekaligus investasi dan hasilnya bisa sesuai harapan. Jika benar benar ingin berinvestasi, maka pilihlah investasi murni seperti saham, properti dsb. Jika asuransi unit ini biasanya lebih besar mengacu pada perlindungan jiwa anda.

Hanya Fokus Pada Keuntungan

Biasanya orang yang melakukan investasi hanya untuk mendapatkan keuntungan agar bisa menjaid seseorang yang sukses. Selain itu, anda juga bisa melihat resiko apa yang terjadi ketika sedang berinvestasi, tentunya hal ini harus dipikirkan dari awal karena semakin tinggi keuntungan anda, maka akan semakin tinggi juga resiko yang terjadi dalam investasi. Maka dari itu, persiapkan dengan baik ketika anda ingin memulai investasi.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *